Minggu, 16 November 2014

Berternak Kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan yang bisa di makan dagingnya. Namun kelinci ini di bagi ke dalam dua jenis, yaitu kelinci yang digunakan untuk berternak seperti kelinci pedaging dan kelinci yang di pelihara seperti kelinci jenis anggora. Kelinci  anggora biasanya di pelihara sebagaiteman bermain karena bulunya yang halus serta merupakan salah satu hewan yang imut seperti hal nya kucing anggora.

Jika anda memiliki keinginan untuk berternak kelinci, anda bisa mencobanya. Memang modal yang sangat di butuhkan adalah pengetahuan tentang tata cara merawat kelinci yang baik. Kelinci itu tidak bisa di biarkan atau di tempatkan di kandang yang dingin. Di butuhkan kandang yang hangat serta lampu yang menerangi, agar kelinci itu tidak mati kedinginan. Kelinci yang hidup di kandang berbeda dengan kelinci yang hidup di alam liar, kelinci yang hidup di alam liar biasanya mempunyai tubuh yang lebih tahan terhadap cuaca, mereka hidup bergerombol dan membuat lubang di dalam tanah yang menghangatkan tubuh mereka dan juga anak- anaknya. Sedangkan kelinci yang hidup di kandang mengandalkan kualitas dari kandangnya itu sendiri. Kelinci akan mati jika kandangnya gelap dan di taruh di tempat yang banyak terpaan anginnya.

Mka dari itu kandang pun harus di perhatikan, selain kualitasnya, kebersihannya pun harus di perhatikan, karena jika kandang kelinci tidak di bersihkan dengan rutin akan menyebabkan kelinci itu terkena virus penyakit. Selain kandang, makanan kelinci juga harus di perhatikan, makanan seperti sayuran kangkung misalnya harus di berikan secara teratur, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit. Serta air minum pun harus di perhatikan, air nya pun harus air yang jernih dan bersih. Kelinci akan terkena penyakit perut seperti diare jika dia meminum air yang kotor dan tidak jernih.

Berternak kelinci itu memang di butuhkan pengetahuan yang sangat baik dan juga pastinya pengalaman dari orang- orang yang sudah ahli. Karena kelinci merupakan salah satu hewan yang daya tahan tubuhnya tidak kuat bila di tempatkan di kandang yang dingin, karena itu kelinci mudah mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar