Kamis, 09 Oktober 2014

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat pemuas kebutuhan disebut juga sebagai benda emuas kebutuhan dapat dibedakan menjadi beberapa bagia, berikut diantaranya :

1.    Alat pemuas kebutuhan menurut cara memperolehnya :

a)    Benda ekonomi
Merupakan benda atau alat pemuas kebutuhan yang sifatnya terbatas, sehingga benda tersebut baru dapat diperoleh dengan mengeluarkan suatu pengorbanan. Contohnya : berbagai alat pemuas kebutuhan yang termasuk kebutuhan primer, sekunder dan tersier.



b)    Benda bebas
Merupakan benda atau alat pemuas kebutuhan yang dapat diperoleh  tanpa harus mmengeluarkan pengorbanan. Termasuk benda beabs yaitu beberapa jenis benda yang disediakan oleh alam, antara lain sinar matahari, udara dan air.

2.    Alat pemuas kebutuhan menurut tujuan penggunaannya
a.    Barang konsumsi
Adalah berbagai barang yang dapat langsung digunakan oleh orang – orang konsumen untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya makanan, minuman, baju, sepatu, radio dan lain-lain.



b.    Barang produksi
Berbagai barang yang digunakan untuk menunjang kelancaran proses produksi. Misalnya barang- barang modal berupa mesin- mesin dan peralatan lainnya, bahan baku, dan bahan penolong.
Hasil dari proses produksi disebut hasil produksi atau barang jadi. Hasil produksi ada yang berupa barang jadi yang langsung dapat dikonsumsi seperti gula, sirup, makanan, minuman dan lain- lain, ada pula yang digunakan oleh pabrik sebagai bahan baku, seperti gula putih dan terigu oleh pabrik lain dipakai sebagai bahan baku.

3.    Alat pemuas kebutuhan menurut ketahanannya
c.    Barang tidak tahan lama
Merupakan barang yang tidak tahan lama adalah barang yang jangka waktu pemakaiannya tidak lama. Digunakan hanya untuk sekali saja atau beberapa kali dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Misalnya makanan dan minuman dikonsumsi sekaligus, tisu dipakai sekali saja dan lain- lain.

d.    Barang tahan lama
Adalah barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu relatif lama, yang nilai pakai atau nilai ekonomisnya habis secara berangsur- angsur. Misalnya mesin- mesin, peralatan dan bangunan.
e.    Barang yang tidak habis dipakai
Adalah barang yang sampai kapanpun digunakan tidak akan habis. Contohnya tanah. Namun demikian untuk tanah- tanah yang berkaitan dengan pertambangan atau galian akan berkurang sesuai dengan sifat pengelolaannya.

4.    Alat pemuas kebutuhan menurut sifat industri
f.    Hasil industri asli/ tumbuhan alami
Merupakan barang- barang seperti hasil hutan, perkebunan, pertanian dan lain- lain.



g.    Hasil industri ekstraktif
Merupakan barang- barang hasil pertambangan seperti minyak, gas, emas , perak, besi dan barang penggalian seperti batu, marmer, dan lain- lain.

h.    Hasil industri pabrik
Merupakan barang yang dihasilkan melalui proses produksi/ pabrikasi. Misalnya makanan, minuman, pakaian, mesin, radio dan televisi, dan lain- lain. Secara spesifik hasil industri pabrik dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu :
I.    Hasil industri analitik, contoh gula, alkohol
II.    Hasil industri sintesis, contoh mentega, terigu, vaneli
III.    Hasil industri sintetis, contoh aspal tiruan dan kulit tiruan

i.    Hasil industri jasa
Merupakan jasa –jasa yang disediakan oleh berbagai lembaga, seprti industri jasa pariwisata, perhotelan, hiburan, komunikasi, dan lain- lain.

j.    Hasil industri jasa penyaluran barang
Kegiatan yang berkaitan dengan mendekatkan barang kepada masyarakat antara lain jasa- jasa yang diberikan oleh usaha dagang.

5.    Alat pemuas kebutuhan menurut hubungan antar benda
Keberadaan suatu benda sebagai alat pemuas kebutuhan mempunyai peran tersendiri. Ada benda yang mempunyai peran khusus sehingga tidak dapat digantikan oleh benda lainnya, ada yang dapat digantikan oleh benda lain dan ada yang penggunaannya terkait dengan benda lainnya.
k.    Benda yang berperan khusus
Misal tanah, dan udara

l.    Benda komplementer
Misalnya motor, akan terisi kegunaannya bila telah diisi oleh bensin dan oli.

m.    Benda substitusi
Misalnya beras dapat digantikan dengan terigu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar