Kamis, 09 Oktober 2014

Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Keberadaan manusia sebagai mahluk individu menjadikan manusia yang satu  berbeda dengan yang lainnya. Demikian pula dengan persoalan kebutuhannya, tiap orang mempunyai perbedaan. Keanekaragaman kebutuhan manusia biasanya timbul karena keberadaan manusia yang dipengaruhi oleh kemajuan peradaban, sosial, budaya dan berbagai hal lainnya. Faktor – faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia di antaranya sebagai berikut :


1)    Kemajuan peradaban
Kemajuan peradaban manusia sangat memperngaruhi timbulnya keanekaragaman kebutuhan manusia. Semakin tinggi peradaban manusia maka semakin tinggi pula keinginan untuk meningkatkan  kualitas kehidupannya sehingga akan semakin banyak pula kebutuhannya baik dari macamnya maupun jumlahnya.

2)    Kebangsaan dan budaya
Faktor kebangsaan juga sangat mempengaruhi kebutuhan manusia. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh adat istiadat atau kebiasaan budaya. Sebagai contoh orang Asia lebih banyak tergantung pada beras dibandingkan dengan orang Eropa yang lebih banyak membutuhkan terigu dan kentang.

3)    Tempat tinggal dan iklim
Hal ini juga sangatlah berpengaruh besar terhadap kebutuhan manusia. Misalnya orang yang tinggal di daerah dingin akan memerlukan banyak makanan yang menghangatkan badan dan juga pakaian hangat.

4)    Agama atau kepercayaan
Agama atau kepercayaan yang di anut seseorang mengakibatkan kebutuhan setiap orang menjadi berbeda. Misalnya, dalam pembelian makanan mereka akan memilih makanan yang dihalalkan menurut agama atau kepercayaannya. Demikian juga dengan pakaian atau peralatan lain yang khusus akan disesuaikan dengan agama dan kepercayaannya.

5)    Pendidikan
Orang yang hanya berpendidikan rendah jarang memikirkan hal- hal yang diluar kemampuan sedangkan orang yang berpendidikan lebih tinggi cenderung untuk memenuhi kebutuhan itu sesuai denga daya nalar yang dimilikinya karena pengaruh dari tingkat atau macam pendidikannya. Misalnya di dalam salah satu aktivitas mengisi waktu luangnya seseorang lulusan perguruan tinggi lebih banyak menginginkan buku bacaan daripada seseorang yang lulusan sekolah dasar.

6)    Pekerjaan
Jenis pekerjaan seringkali dapat mempengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya, tukang becak atau petani tidak pernah atau jarang yang membutuhkan pakaian lengkap dengan dasi kecuali kalau pesta, tetapi pekerja kantor lebih banyak memerlukan pakaian yang lebih baik.


7)    Penghasilan yang diperoleh
Besarnya penghasilan seseorang akan memperngaruhi kebutuhan manusia karena besar kecilnya penghasilan akan menjadikan dorongan bagi seseorang untuk mengubah pola konsumsinya. Jika penghasilan yang diperoleh kecil amaka konsumsinya kecil atau di bawah rata- rata. Tetapi uang penghasilannya besar kemungkinan pola konsumsinya lebih besar.

8)    Umur
Umur seseorang tentunya akan berpengaruh banyak terhadapa kebutuhannya. Misalnya orang dewasa membutuhkan makanan lebih banyak, butuh hiburan dan lain- lain sedangkan anak kecil makanannnya relatif lebih sedikit daripada orang dewasa, kemudian mereka juga perlu barang mainan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar