Kamis, 09 Oktober 2014

Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia adalah suatu rasa yang timbul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya. Munculnya kebutuhan manusia ini juga mendorong adanya keinginan manusia untuk memperoleh segala sesuatu yang dibutuhkan sebagai alat pemuas kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia itu dapat berupa kebutuhan yang paling pokok untuk pemeliharaan raga seperti :

1.    Makanan dan minuman sebagai asupan untuk energinya
2.    Pakaian untuk melindungi kepekaan kulit tubuhnya dari berbagai hal
3.    Tempat tinggal untuk istirahat, tidur dan berlindung dari berbagai hal yang mungkin membahayakan manusia

Di samping kebutuhan yang berkaitan dengan  jasmani, kebutuhan lainnya ialah kebutuhan yang terkait dengan kejiwaan atau rohaninya seperti  rasa kasih sayang, penerimaan kepercayaan dan penerimaan lingkungan serta kebutuhan spiritual.

Berikut ini ulasan mengenai macam- macam kebutuhan manusia :
1.    Kebutuhan primer
Merupakan kebutuhan utama atau yang paling penting untuk dipenuhi guna memelihara kelangsungan hidup. Kebutuhan primer ini meliputi makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal atau rumah.

2.    Kebutuhan sekunder
Merupakan kebutuhan kedua sebagai penunjang untuk memelihara kelangsungan hidup. Kebutuhan sekunder ini merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang kelangsungan hidup. Pemenuhannya dapat dihindarkan atau ditangguhkan tetapi akan lebih baik jika dapat dipenuhi untuk berbagai kemudahan kehidupan dalam rumah tangga keluarga. Kebutuhan sekunder ini meliputi peralatan memasak, tempat tidur, meja, kursi serta lemari pakaian.

3.    Kebutuhan tersier
Merupakan kebutuhan ketiga sebagai kelengkapan kehidupan yang sifatnya tidak terlalu penting. Kebutuhan tersier seringkali dikaitkan dengan barang- barang kemewahan yang hanya ditujukan untuk meningkatkan status sosial atau prestise seseorang dalam masyarakat. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena kebutuhan akan barang- barang pelengkap ini sebenarnya berkaitan dengan tujuan manusia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kebutuhan tersier meliputi kulkas, televisi, peralatan musik seperti piano, gitar, motor, mobil, laptop, komputer dan lain- lain.

Kebutuhan menurut sifat kehayatannya adalah :
1)    Kebutuhan jasmani
2)    Kebutuhan rohani
Kebutuhan menurut subjeknya adalah :
1)    Kebutuhan individu
2)    Kebutuhan kolektif
Kebutuhan menurut waktunya adalah :
1)    Kebutuhan sekarang
2)    Kebutuhan yang akan datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar