Senin, 20 Oktober 2014

Menjaga Kesehata Gigi bagi Anak

Gigi merupakan salah satu organ penting tubuh kita. Gigi sering kita gunakan untuk mengunyah makanan yang masuk ke mulut. Gigi merupakan anggota tubuh kita yang harus sangat dijaga kebersihan dan juga kesehatannya. Banyak yang mengalami sakit gigi, seperti gigi berlubang, gusi berdarah, gusi bengkak dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh keteledoran kita yang tidak pandai menjaga kebersihan mulut kita.

Hal ini juga sangat penting untuk anak kita, kita harus mengajarkan anak kita sedari dini untuk padai- pandai menjaga kesehatan gigi mereka. Seperti yang kita ketahui, anak cenderung suka makan makanan yang manis, seperti coklat, permen, gula, donat, es krim dan lain- lainnya. Makanan ini tentu kita tahu bahwa makanan ini dapat menimbulkan sakit gigi, bahkan orang dewasa pun tak jarang yang menyukai makanan seperti ini.

Meskipun gigi anak masih gigi susu dan dapat tumbuh kembali, tetap saja, harus di jaga, karena hal ini sangat berpengaruh untuk ke depannya. Dari kecil juga anak harus di ajarkan untuk rajin menyikat gigi sesudah makan dan juga sebelum tidur. Hal ini penting , karena jika anak susah untuk menyikat gigi, akan mudah sekali terjadi kerusakan gigi pada anak, dan jika tidak dibiasakan untuk disiplin menyikat gigi, maka dikhawatirkan sampai dewasa pun anak ini tidak peduli terhadap kesehatan gigi dan mulutnya.

Mulut merupakan pintu masuknya makanan dan juga bakteri ke dalam tubuh kita. Bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam mulut kita, jika kita tidak pandai menjaga kesehatan mulut kita. Begitu juga dengan kesehatan gigi. Anak kita juga harus di ajarkan oleh kita sebagai orang tua, begitu pentingnya menjaga kesehatan gigi, kita juga terapkan akibat dari kita tidak menjaga kesehatan gigi, maka gigi kita akan berlubang dan akhirnya terasa rasa nyeri yang sangat luar biasa.

Jika sudah sakit gigi, kita pun tidak bisa melaksanakan kegiatan dengan maksimal. Karena rasa sakit gigi yang mengganggu ditambah pipi kita pun akan bengkak. Anak juga harus sesekali di bawa ke dokter gigi untuk diperiksa oleh dokter  gigi khusus anak. Dan juga hal ini penting untuk diterapkan pada anak- anak kita. Jagalah kesehatan mulut dan gigi kita sedari kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar